Mengajar di TPQ sebagai Salah Satu Bentuk Pengabdian Tim KKN UM di Desa Bendo

Tulungagung, 07 Juli 2021 — Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Tim KKN Pulang Kampung Ds. Bendo Universitas Negeri Malang adalah dengan terjun langsung dalam mengajar di TPQ “Tarbiyyatul Aulad” yang bertempat di Dusun Cabe, Desa Bendo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan semangat santri TPQ dalam belajar membaca Al-Qur’an yang  dilaksanakan pada tanggal 29 –  30 Juni 2021 dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Kegiatan Mengajar di TPQ “Tarbiyyatul Aulad” meliputi bimbingan baca Al-Qur’an dengan mengelompokkan santri sesuai dengan tingkatan jilidnya. Kelas atau tingkatan jilid meliputi Jilid 1, Jilid 2, Jilid 3, Jilid 4, Jilid 5, dan Al-Qur’an. Jumlah santri di TPQ “Tarbiyyatul Aulad” cukup banyak dan jumlah gurunya ada 6.

Kegiatan pembelajaran dimulai dengan membuka kelas dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca do’a sebelum membaca Al-Qur’an. Kemudian satu per-satu santri setor bacaan kepada guru lalu guru membenarkan apabila terdapat kesalahan dalam bacaan. Apabila seluruh santri telah setor bacaan, bersama dengan guru membaca do’a.

Kegiatan pengabdian tersebut, semula akan dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Namun, dikarenakan terdapat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sehubungan meningkatnya jumlah kasus Covid-19, Tim KKN memutuskan untuk hanya melaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.

Dengan adanya Tim KKN yang terjun langsung di TPQ “Tarbiyyatul Aulad” diharapkan dapat membantu guru dalam membimbing santri belajar membaca Al-Qur’an. Selain itu, semoga kegiatan tersebut dapat menambahkan pengalaman Tim KKN dalam mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Terima kasih banyak saya sampaikan kepada Mbak dan Mas KKN yang bersedia membantu kami dalam mengajar disini,” ujar Kepala TPQ “Tarbiyyatul Aulad”.

Sebagai bentuk kenang-kenangan, Tim KKN Universitas Negeri malang memberikan Al-Qur’an yang diserahkan kepada kepala TPQ “Tarbiyyatul Aulad”

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?