Pembuatan Biopori oleh Tim KKN UM, Menambah Resapan Air dan Mengurangi Sampah Organik

Tulungagung, 25 Juni 2021 — Pergantian musim kemarau ke musim hujan membuat beberapa titik yang ada di Desa Bendo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung terdapat air yang tergenang di sekitar rumah warga. Maka dari itu Tim KKN Pulang Kampung UM Desa Bendo 2021 membuat program kerja yaitu pembuatan lubang biopori yang bertujuan untuk mengurangi terjadinya banjir, meningkatkan daya resap tanah, dan juga mengurangi sampah organik.

“Jika terjadi hujan, air yang ada di halaman rumah tidak bisa menyerap ke tanah dan menyebabkan tanah menjadi basah walaupun hujan sudah berhenti” ujar salah satu warga yang ada di desa Bendo. Sebelum pemasangan biopori dikerjakan, kami menyiapkan beberapa alat dan bahan diantaranya yaitu pipa sepanjang satu meter, linggis, tutup pipa yang sudah dilubangi, cetok, tali rafia, dan sarung tangan.

Lubang biopori nantinya akan diisi dengan sampah organik yang berfungsi sebagai penyerap air ke tanah dan juga sebagai pupuk alami. Dengan menyerapnya air ke tanah, maka akan mengurangi genangan air yang sulit meresap. Tutup biopori diberi tali agar mudah untuk dibuka kembali yang nantinya bisa untuk tempat pembuangan sampah organik.

Sebelum proker pembuatan biopori dilakukan, Muhammad Arfan dari prodi S1 Teknik Sipil dan Vira Sintia Wulandari dari prodi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai penanggungjawab proker melakukan survei di Desa Bendo dan melakukan perizinan ke beberapa rumah warga yang dibantu oleh tim KKN Desa Bendo. Kami mengunjungi rumah warga dengan membawa bahan pembuatan biopori serta memberi penjelasan rinci mengenai biopori dan tujuan dari program kerja yang akan kami lakukan.

Pemasangan biopori yang telah kami lakukan mendapat respon positif dari warga setempat. Warga senang bisa mengurangi genangan air yang menyebabkan tanah basah dan becek di halam rumah mereka. Dengan berjalannya program kerja ini, diharapkan mampu bermanfaat bagi masyarakat dan nantinya bisa dilakukan secara mandiri oleh warga desa Bendo selepas dari KKN Desa Bendo 2021 sudah berakhir.

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?