Tim KKN UM Bersama Ibu-Ibu KWT Menanam Jahe Merah Sebagai Tanaman TOGA

Tulungagung, 26 Juni 2021 — Pada musim saat ini banyak penyakit yang dapat menyerang tubuh manusia, sehingga sangat penting untuk membudidayakan tanaman apotek hidup atau toga. Kami dari Tim KKN Pulang Kampung UM Desa Bendo 2021 membuat program kerja yaitu memperkenalkan jahe merah sebagai tanaman toga. Jahe merah sendiri memiliki berbagai macam khasiat antara lain: menghangatkan badan, mengobati sakit kepala, mencegah radang usus, menguatkan kekebalan tubuh, mengobati batuk, mengatasi mual, meningkatkan nafsu makan, menurunkan berat badan, serta menjaga kondisi jantung.

“Jahe merah memiliki banyak khasiat, selain itu juga dapat menguntungkan bagi masyarakat apabila dijual kembali” ujar Ibu Kepala Desa Bendo. Sebelum menanam tanaman jahe merah, kita membeli bibitnya terlebih dahulu, kita memilih bibit yang sudah siap untuk ditanam yaitu berkisar antara umur 2-3 bulan. Jumlah total bibit jahe merah yang akan kami tanam kurang lebih ada 100 bibit.

Sehari sebelumnya, kami bersama ketua karang taruna membersihkan lahan yang hendak ditanami tanaman jahe merah. Kondisi lahan di desa Bendo Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung ini sangat luas, disana sudah disediakan lahan untuk bertanam. Saat melakukan penanaman kita berkerja sama dengan karangtaruna dan ibu” KWT ( Kelompok Wanita Tani) desa Bendo dengan antusias yang sangat besar meskipun ada kendala tidak mengundang semua anggota mereka dikarenakan masih adanya covid-19 yang belum juga reda.

Kegiatan pengenalan jahe merah sebagai tanaman toga diawali dengan ibu kepala desa secara simbolis dengan menanam 1 pohon jahe merah  beserta penanggung jawab program kerja yaitu Ikhwan Fadillah Nutrisno dari Prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga dan Dwi Retfiani Muzdalifah dari Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Setelah itu diikuti oleh anggota KKN Pulang kampung dan juga Ibu- Ibu KWT Desa Bendo lainnya. Proses penanaman jahe merah dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 11.00. Dengan berjalannya program kerja ini, diharapkan nantinya mampu memberikan pengertian lebih tentang tumbuhan toga khususnya jahe merah bagi warga masyarakat Desa Bendo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?